Tips Berkendara Untuk Menghemat Bahan Bakar - Sesaat Pintar

Friday, March 22, 2019

Tips Berkendara Untuk Menghemat Bahan Bakar


Halo kerabat pintar, Banyak dari kalian yang mengeluhkan jika kendaraan yang kalian pakai sangat banyak menggunakan bahan bakar “boros”, atau bahkan ada yang sudah sempat memodifikasi bagian dalam mesin agar kendaraan kalian menjadi irit, sebenarnya hal tersebut dapat membahayakan kendaraan kalian sendiri jika salah dalam memodifikasi, kendaraan yang boros dapat disebabkan dari berbagai faktor salah satunya gaya berkendara yang tidak baik.

Kali ini saya akan membagikan Tips-tips berkendara yang dapat menghemat bahan bakar pada kendaraan kalian.


Penggunaan Bahan Bakar

 

1. Gaya Berkendara

 

Gaya berkendara yang buruk dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dari kendaraan, seperti halnya sering menyentuh rpm tinggi, berbanding terbalik jika kamu membawa kendaraan dengan gaya berkendara yang baik.

Contoh dari gaya berkendara yang baik adalah dengan menjaga tarikan gas dan selalu malakukan perpindahan transmisi pada saat kendaraan ingin mencapai rpm tinggi pada motor bebek atau kopling. Sedangkan untuk motor matic adalah dengan tidak menarik gas secara spontan dan lakukan tarikan secara normal.

2. Servis Berkala

 

Servis secara rutin juga dapat menghemat bahan bakar, karena kendaraan akan mendapat pengecekan secara intensif oleh mekanik yang sudah paham mengenai mesin kendaraan.
Dengan melakukan Servis Berkala kamu akan mengetahui kondisi dari kendaraan kamu, mekanik akan langsung memberitahukan kondisi kendaraan kamu, kendaraan yang jarang diservis dapat merusak mesin secara langsung dan dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

3. Tekanan Angin

 

Tekanan angin yang kurang juga dapat membuat kendaraan kamu menjadi boros, ketika kendaraan kamu memiliki tekanan angin yang kurang maka akan membuat kendaraan kamu menjadi berat saat di kendarai. Sehingga mesin bekerja lebih berat dari yang biasanya dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan tekanan ban yang normal.

4. Jenis Bahan Bakar

 

Jenis bahan bakar yang baik untuk kendaraan kamu yaitu yang memiliki RON 90 keatas, membuat tingkat pembakarannya lebih baik dan dapat meningkatkan performa. Selain itu akan membuat mesin menjadi lebih awet untuk digunakan, jenis bahan bakar yang mempunyai RON diatas 90 mempunyai zat aditif yaitu zat yang dapat membersihkan mesin agar mesin lebih terjaga dan ramah lingkungan karena kadar gas emisi yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

Nah diatas adalah Tips bagaimana menghemat bahan bakar kendaraan. Semoga dapat memberikan wawasan baru.
Disqus comments