Review Game My Time at Portia - Harvest moon masa depan - Sesaat Pintar

Wednesday, March 13, 2019

Review Game My Time at Portia - Harvest moon masa depan



 Review game my time at portia 

“Harvest Moon Masa Depan?“. Kata yang sempat muncul ketika melihat gameplay dari game ini dimasa Early access nya. Pasalnya game ini mengingatkan para gamer dengan game legenda di masa PS1 Silam. Jadi cukup wajar jika game ini membuat para gamer terngiang ngiang dengan Harvest Moon setelah melihat game ini.

Namun apa pantas jika game ini menjadi harapan baru para gamer harvest moon diseluruh dunia, mengingat game Stardew Valley yang masih ada dan konsisten dalam memberi aroma nostalgia meski hanya bergrafik 2D?



Review game my time at portia

Bisa dibilang itu merupakan pertanyaan yang cukup rumit untuk ditanggapi. Meski disisi lain My Time At Portia memberikan efek visual yang cukup  pas  untuk dijadikan penerus dari Harvest moon, namun secara keseluruhan game ini memberikan fokus yang lebih berkesan untuk game bertemakan seperti ini.
Ada beberapa hal yang tidak cukup jika membandingkan game dengan ketenaran Harvest Moon. Semuanya bergantung dari bagaimanakah para pemain menerima sajian dari game ini. Seniat apakah  Pathea Games dan Team 17 sebagai developer dari MyTime at Portia ? Silahkan simak review yang coba saya jabarkan.

Perkenalan


Sebagai game yang memiliki gaya visual kartun dan tidak terlalu seperti anime, My Time at Portia merupakan game yang memiliki setting yang cukup unik yaitu di masa Post Appocalypt. Kamu akan memiliki kesempatan melihat puing-puing bangunan yang futuristik diluar kota dari portia. Sedangkan untuk kota yang merupakan tempat tinggal mu (Portia) , justru malah terkesan dibuat jauh dari kata modern walau tidak terlalu primitif.

Hal ini melahirkan pro kontra dari peran teknologi sampai mengapa post apocalyptic terjadi.Di game ini kalian akan berperan sebagai putra atau putri dari sang ayah yang mewarisi sebuah workshop sebagai tempat tinggal dan  kalian kembangkan.Yang ceritanya kalian seolah olah sudah dipanggil untuk pergi dari tempat jauh menuju Portia demi menjalani hidup baru disana.

Kustomisasi Karakter


Karena digame ini kamu dibebaskan berperan sebagai “cowork” atau “cewek”, walaupun disini detil kustomisasi tidak terlalu luas namun kamu bisa membuat karakter impian lewat adanya fitur face paint,ukuran wajah, bentuk hidung, mata, mulut dan fiitur kustomisasi lainnya.
Digame ini ada pula fitur untuk memilih suara yang terlihat begitu menarik di tiap gendernya. Namun sayangnya tidak sebanding dengan hasil akhir yang dihadirkan game ini kepadamu. Yang hal ini akan saya jelaskan nanti

Crafting…


Fitur yang cukup membedakannya dengan Harvest moon adalah adanya fitu “Crafting”  yang cukup memegang peranan penting di berbagai aspek. Jika di Harvest moon lebih terbiasa sibuk mengumpulkan bahan hanya untuk bertani dan menanam, Namun berbeda dengan game yang satu ini, digame ini kamu akan lebih berkaitan dengan cara membuat suatu hal yang beragam lewat petunjuk yang tertera.

Nantinya kamu akan membuat item-item yang tidak hanya akan selalu digunakan sepanjang permainan. Melainkan juga perlunya menciptakan beragam peralatan mesin yang nantinya dapat digunakan pula untuk membuat item yang berguna lainnya.

Sehingga game ini akan menjamin adanya banyak item yang harus diidentifikasi, simpan dan dimanfaatkan. Jika kamu adalah salah satu gamer yang gemar dalam memungut, crafting, hingga mengelola item-item yang kamu punya, Bisa dibilang jika My Time at Portia akan menjadi game yang cocok dan asik untuk dimainkan.
Namun, harus diakui jika game ini akan menjadi terlihat rumit di awal. Kamu harus perlu banyak belajar, mengenali, dan kegunaan dari item yang diperoleh, belum lagi hubungan antara item dan alat mesin yang kamu punya dan juga adanya stamina yang selalu berkurang ketika kamu melakukan pekerjaan, kapasitas yang dirasa dibuat sengaja sangat sangat terbatas diawal game.
Jadi, dari awal kamu akan dipaksa untuk mengelola stamina maupun item yang harus disimpan maupun djual. Namun jika kamu sudah mulai terbbiasa dan mengelola masalah barang dengan membuat banyak tempat untuk mmenyimpan barang, serta pandai mengkategorikan setiap jenis dengan efisien, maka kamu akan mudah memainkan game ini dan akan semakin membuat candu.

Sumber Pendapatan


Hidup ke sebuah kota kecil jelas kamu wajib melakukan aktifitas yang berguna bagi masyarakat sekaligus bagi hidupmu. Aktifitas yang dimaksud adalah “BEKERJA”. Karena dasarnya digame ini kamu bukan lah seorang petani maka pekerjaan yang didapat tidak akan jauh dari membuat barang ataupun menyediakan bahan yang diminta oleh para penduduk. Kamu akan diperbolehkan memilih pekerjaan yang telah tersedia, namun ketika kamu sudah memilih satu pekerjaan, kamu tidak akan bisa beranjak untuk mengerjakan tugas yang lain.
Ketika kamu rajin menyelesaikan “Job Comission”  bukan hanya membuat kamu memiliki banyak uang tapi akan membuat reputasi poin yang akan dievaluasi setiap pergantian bulan untuk memilih hadiah tambahan yang dapat kamu peroleh sekaligus menambah poin relationshio kepada para klien NPC yang merupakan para penduduk kota. Namun perlu diketahui job comission terkadang berhubungan dengan misi utama yang sedang kamu jalani.

Bersosialisasi, jangan nolife!


Kamu juga dapat bersantai merasakan kehangatan dari aspek kehidupan Kota Portia, dikala kamu bosan mengerjakan misi utama ataupun job commission, wadah seperti ini layaknya seperti Harvest moon yang memberikan rasa yang sama.
Selain itu game ini mewajibkan kamu untuk berbincang dan menjalin pertemanan dengan dengan para penduduk. Ada juga meteran hubungan dari pertemana yang dapat berujung ke romantisme yang dapat di kejar dengan sebagian besar NPC-nya, cerita cerita menaarik dapat kamu ketahui jika kamu raji berdialog dengan mereka.
Menjalin persahabatan hingga menikah dengan para NPC tertentu tak hanya sebagai sebuah fitur namun juga memberimu manfaat yang beragam. Contohnya kamu akan mendapatkan potongan diskon ketika membeli sesuatu di tempat dagang mereka, selain itu kamu akan mendapat point reputasi tambahan saat mengerjakan job, hingga hadiah hadiah menarik yang akan didapat jika kamu semakin dekat dengan para NPC yang ada di game ini.

Mini Game yang bervariasi, simple dan berkesan


My Time at Portia sepertinya ingin memberikan keanekaragaman dalam variasi mini game, Ini merupakan nilai plus bagi Pathea Games selaku developer game dalam meracik game yang pantas mendapat banyak apresiasi.
Walau game ini tidak sepenuhnya sempurna, namun mini game yang coba mereka berikan memberikan kesan menarik dalam memenuhi gameplay dari game ini. Beberapa mini game yang mereka sajikan yaitu : Suit batu gunting kertas, Catur igo, Slot Pachinko, Bowling, Tembak balon dan berbagai mini game lainnya.
Sebagian mini game hanya dapat dimainkan hanya pada event tertentu dalam setiap musim, seperti melempar bola salju yang hanya dapat dimainkan saat musim dingin.

Mekanisme untuk bisa “bertarung


Selain bisa bersantai sambal melepas rasa bosan ketika mengerjakan misi utama, game ini juga memasukkan unsur dari game RPG. Dimana kamu dapat bisa melawan monste dan menjelajahi area yang berbahaya.
Namun system bertarung yang ada di game ini tergolong simple. Kamu hanya cukup menyerang menggunakan satu tombol dan menghindar dari serangan musuh dengan tombol yang tersisa. Selain itu ada juga monster boss yang hadir dan siap untuk kamu lawan.
Meski memiliki cara bertarung yang mudah kamu juga tetap harus mempunyai cukup skill,level, dan equipment yang dapat membantu kamu dalam pertarungan.

Mendekor yang memiliki tujuan


Seolah ingin membuat game yang lengkap, kustomisasi juga diberikan terhadap tata letak hal disekitar tempat tinggal mu. Bila di sekitar pekarangan kamu bisa memperluas lahan mu, mengupgrade mesin, mengganti pagar, hingga bercocok tanam, tetapi kamu juga diberikan kebebasan saat mengkresikan ruangan di rumahmu.
Setiap Interior juga memberikan fungsi nya masing-masing. Bayangkan ternyata meja, kursi hingga perabotan yang ada dapat menambah stats di karaktermu, seperti Jumlah HP, Attack, Stamina dan yang lainnya.
Tentu ini merupakan fitur yang cukup unik ketika kamu tidak hanya sekedar mendekor tetapi memiliki maksud dan tujuan.

Optimasi yang kurang memuaskan


Sayangnya beberapa kekurangan yang lumayan fatal untuk game yang sudah full rilis adalah di bagian voice sound. Karena ini sungguh disayangkan dengan fitur-fitur menarik yang sudah disuguhkan.
Digame kamu akan menemukan suara voice dari karakter yang tidak pas dengan kotak dialog. Terkadang malah ada yang berbeda,kurang atau justru malah sama sekali tidak ada. Dan sayangnya hal itu terjadi di beberaga bagian cutscene game. Begitu pula suara patah-patah hentakan kaki karakter.

Kesimpulan


Terlepas dari game ini yang tidak terlalu pantas keluar dari masa early access, perlahan nilai miring ini akan terbantahkan ketika kamu sudah mencoba memainkan game ini secara menyeluruhh.
Banyak sekali hal yang membuat pemainnya lupa waktu atau bahkan kecanduan untuk memainkan My Time at Portia, Baik mengerjakan misi, Mengelola material, atau bersosialisasi.
Namun perlu digaris bawahi, kalo game ini tidak cocok untuk gamer yang tidak terlalu menyukao kompleksitas fitur karena game ini akan membuat kamu menjadi cepat bosan.
Namun seperti yang saya katakana diatas kalau kamu berminat belajar mengenal game ini, maka kamu akan merasakan banyaknya insentif fitur menyenangkan.

 Harga


Lewat range harga yang berada di bawah 200k Rupiah di Steam, game ini akan sangat recommend untuk kalian penggemar dari game Harvest moon ataupun Stardew valley. Playtime yang disuguhkan pun tidak main-main, dan pihak Developer pun tidak akan membiarkan segala kekurangan dan akan menambahkan fitur atau konten menarik yang akan datang
Disqus comments